Selasa, 22 Agustus 2017

Resep - Cara Membuat Wedang Ronde

Cara Membuat Wedang Ronde - Wedang Ronde adalah minuman tradisional berasal dari Jawa di samping jamu dan dawet. Kata wedang pada logat Jawa artinya minuman. Sementara kata ronde ialah campuran khusus berisi adonan tepung beras ditambah gula merah berwujud bulat-bulat dan pada sebelah dalamnya diisi kacang tanah yang dihaluskan. Untuk membuat wedang ronde ini, adonan ronde dituang air jahe panas.

resep wedang ronde isi kacang,cara membuat sekoteng,cara membuat wedang jahe,resep ronde jahe,bahan wedang ronde,cara membuat wedang bajigur,cara membuat bajigur,comments wedang ronde,
Baca juga : Resep -  Cara Membuat Waffle Crispy

Dua bahan itu (air jahe dan ronde) merupakan bahan pokok membuat wedang ronde. Kendati begitu, Anda masih bisa memasukkan bahan lain guna meningkatkan aroma dan tampilan misalnya potongan roti berpotongan kotak, kolang kaling dan kacang tanah. Air jahe diolah lewat memasak jahe yang dimemarkan, gula merah dan daun serai sampai mendidih sesudah itu, bulatan ronde dimasukkan dalam air jahe itu sampai mengambang. Wedang ronde seringnya dihidangkan menggunakan mangkuk kecil dengan ukuran sekitar 250 hingga 500 cc. Wedang ronde sangat pas diminum ketika udara dingin ataupun musim hujan. Meminum wedang ronde maka seluruh tubuh lebih-lebih tenggorokan, dada serta perut akan terasa hangat. Di samping itu, wedang ronde pun sangat baik bagi kesehatan dan mampu memperbaiki stamina.

Makanya itu ayo kita buat sendiri wedang ronde di rumah untuk kehangatan tubuh seluruh anggota keluarga. Cara membuat wedang ronde tak sulit kok. Siapkan dulu bahan bahannya.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

Bahan bahan ronde :

1,5 ons tepung ketan putih
1/4 sdt garam
135 cc air hangat
2 tetes pewarna hijau tua
2 tetes pewarna merah

Bahan bahan isian :

50 g kacang tanah dikupas dan disangrai
25 g gula pasir
1/8 sdt garam

Bahan bahan untuk sirup jahe :

2 liter air
4 ons gula pasir
4 ons jahe yang dibakar kemudian dimemarkan
1 sdt garam
4 helai daun pandan
6 tangkai serai yang dimemarkan

Bahan bahan tambahan :

2 ons kolang kaling direbus dan kemudian dirajang rajang
3 lembar roti tawar diiris dadu
25 g sagu mutiara warna merah
2 ons buah klengkeng kaleng, ditiriskan


  • Membuat isian ronde, kacang tanah, gula pasir dan garam diblender hingga rata. Buat bulatan bulatan kecil.

  • Membuat ronde, campurkan jadi satu tepung ketan dan garam. Aduk-aduk merata. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga kalis.

  • Buat adonan jadi 3 bagian. Satu bagian berikan pewarna merah, satu bagian berikan pewarna hijau, dan satu bagian lagi tetap putih. Aduk-aduk tiap-tiap adonan hingga pewarna tercampur rata.

  • Ambil sejumput adonan ronde. Buat pipih dan berikan bahan isian. Buat bulatan.

  • Masak air hingga mendidih. Masukkan bulatan bulatan ronde tadi. Masak sampai mengambang. Ambil dan tiriskan.

  • Membuat sirup jahe, masak air, gula, jahe, daun pandan dan batang serai menggunakan api kecil hingga mendidih dan wangi.

  • Hidangkan ronde dengan sirup jahe dan pelengkap
Resep - Cara Membuat Wedang Ronde Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sofian Harvy