Rabu, 16 Agustus 2017

Resep - Cara Membuat Uli Ketan

Cara Membuat Uli Ketan - Tidak bisa dibantah bahwa termasuk pesona wisata Jakarta ialah makanan asli Betawi. Kendati orang Betawi sendiri telah kian tergusur karena pembangunan perkotaan, tapi makanan khas mereka masih dapat dijumpai di pusat Jakarta. Untuk Anda yang tengah mengunjungi Jakarta, jangan sampai ketinggalan untuk berwisata kuliner menikmati makanan Betawi. Masyarakat Betawi agaknya tak cuma pandai bermain pantun, mereka pun pandai menciptakan bermacam kuliner yang nikmat menggoyang lidah. Wajar bila makanan asli Betawi ini banyak disukai orang dari beragam latar belakang. Salah satu makanan khas Betawi itu adalah uli ketan.

cara membuat ketan serundeng,membuat uli ketan betawi,uli ketan goreng,cara membuat ketan kelapa,resep masakan ketan putih,cara membuat uli bakar,cara membuat ketan susu,cara membuat ketan durian,
Baca juga : Cara Membuat Udang Goreng Tepung Bumbu kari

Uli ketan sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dulu dan sampai saat ini pun masih banyak yang menggemari makanan gurih ini. Uli merupakan kudapan yang terbuat dari beras ketan, daun pandan beserta santan kelapa yang kemudian dikukus. Uli ketan dibentuk dengan diiris iris sesudah dingin. Ketika dimakan, uli biasanya ditemani oncom, gula pasir maupun parutan kelapa yang disangrai. Ragam lain dari uli ketan ini ialah tape uli, yakni uli yang disantap bersama tape ketan. Anda pasti tertarik dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk itu berikut adalah cara membuat uli ketan berikut bahan bahan yang diperlukan.

Bahan bahan :

1/2 kg beras ketan putih
1 mangkuk desiccated coconut (santan kelapa instan bentuk bubuk) atau 1,5 mangkuk kelapa parut
Garam sesuai kebutuhan


  • Beras ketan dicuci hingga bersih dan kemudian direndam menggunakan air bersih selama 6 jam.

  • Liwet atau kukus beras ketan hingga matang.

  • Bila memakai desiccated coconut, rendam kelapa menggunakan air panas seperlunya sampai kelapa basah lagi. Kukus kurang lebih 1/4 jam.

  • Tempatkan ketan selagi panas ke baskom besar. Taburkan kelapa dan garam dan aduk-aduk agar merata.

  • Tumbuk ketika panas menggunakan ulekan yang dibalut kantung plastik supaya tak lengket. Tumbuk sampai agak lembut. Apabila ingin tekstur uli ketan yang lembut maka teruskan menumbuk sampai benar benar halus menurut keinginan.

  • Sediakan daun pisang atau plastik. Potong uli ketan menjadi 5 bagian, kemudian bungkus. Tunggu sampai uli dingin.

  • Ketan uli siap disantap atau bisa juga digoreng baru disantap. Bila ketan uli sudah keras maka bisa dibuat uli bakar. Iris iris menurut selera kemudian dibakar di atas bara api. Dimakan bersama sambal oncom ataupun disiram sirup gula Jawa.

Perlu diingat jika membuat uli ketan dari beras ketan hitam maka ketika mencuci beras hendaknya digosok gosok dengan kedua telapak tangan supaya kulit ari beras ketan menipis. Waktu untuk merendam pun lebih lama. Tunggu apa lagi segera siapkan bahan bahannya dan mulai memasak bersama keluarga.
Resep - Cara Membuat Uli Ketan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sofian Harvy