Jumat, 18 Agustus 2017

Resep - Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumas

Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumas - Tempe yang tipis, lebar, dengan balutan tepung asli Purwokerto ini kelezatannya memang membuat ketagihan. Lebih-lebih bila dimakan dengan cabe rawit ataupun dicocol dalam kecap pedas ketika masih hangat. Pasti pengin lagi dan lagi. Banyak orang yang menggemari tempe mendoan ini. Wajar bila para pedagang tempe mendoan di berbagai tempat saat ini banyak terlihat melihat banyak yang suka.

Resep Tempe Mendoan,Tempe Mendoan Purwokerto,Tempe Mendoan Asli Banyumas,cara membuat tempe mendoan,tempe mendoan mentah,cara membuat tempe bacem,tempe mendoan,tempe mendoan dan sambalnya,
Baca juga : Resep - Cara Membuat Tempe Bacem

Kabarnya cemilan ini dinamakan mendoan dari logat Jawa Banyumasan yakni 'mendo' yang maksudnya separuh matang. Masuk akal juga sebab tahap pengolahan tempe mendoan sesudah dicelup tepung tipis kemudian digoreng separuh matang. Bila terlalu garing dan matang tentu tak dapat dinamakan tempe mendoan. Tempe mendoan ini seringnya dinikmati pada sore hari menjadi cemilan. Kendati pada tempat asalnya, mendoan malah jadi pilihan lauk makan siang ataupun makan malam. Penjual mendoan kebanyakan ditemui pada pinggir jalan atau kaki lima.

Tempe tipis yang memang khusus dibuat untuk mendoan biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Ketika akan digoreng, dimasukkan dahulu dalam adonan tepung. Adonan tepung itu dibuat dari adonan tepung beras, tepung terigu dan potongan daun bawang ditambah bumbu yang dihaluskan yaitu bawang putih, ketumbar dan garam. Seluruhnya diaduk jadi satu. Sesudah dibalut adonan tepung, tempe kemudian digoreng. Gunakan minyak dalam jumlah banyak dan dalam kondisi sangat panas dengan begitu mendoan dapat matang merata. Ketika adonan tepung terlihat beku dan agak matang, mendoan tersebut harus cepat diambil dari wajan. Jangan kelewat lama sebab akan menjadi kecokelatan dan menjadi tempe goreng tepung tidak lagi tempe mendoan.

Seringnya tempe mendoan dihidangkan dengan alas daun pisang dengan begitu aromanya makin khas. Tempe mendoan ini biasa dihidangkan beserta cabe rawit. Akan tetapi saat ini ada juga yang menghidangkannya beserta kecap ditambah rajangan cabe rawit ataupun sambel kacang. Paling sedap jika dimakan ketika masih hangat. Cita rasanya gurih, empuk campur pedas. makanya ayo kita buat sendiri tempe mendoan gurih dan lezat berikut ini.

Bahan bahan :

3 ons tempe, potong lebar dan tipis ukuran 10 x 15 cm
2 tangkai daun bawang, rajang kecil
1 ons tepung beras
1 sendok makan tepung terigu
125 cc air
Minyak goreng yang cukup

Bahan bahan bumbu halus :

2 siung bawang putih
1 butir bawang merah
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh bubuk merica
2 sendok teh garam


  • Campurkan tepung, bumbu halus, irisan daun bawang dan air. Aduk hingga merata.

  • Celup irisan tempe pada adonan tepung.

  • Tempe digoreng menggunakan minyak panas dan banyak sampai adonan tepung agak matang namun tak sampai kekuningan atau kering. Angkat dari wajan dan tiriskan.

  • Hidangkan selagi panas bersama cabe rawit atau sambal kecap rawit.
Resep - Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sofian Harvy