Sabtu, 12 Agustus 2017

Resep - Cara Membuat Tape Ketan

Cara Membuat Tape Ketan - Tape adalah makanan hasil proses fermentasi secara tradisional yang tak asing lagi di masyarakat. Tape diolah dari beras, beras ketan ataupun singkong. Berlainan dengan makanan lain hasil fermentasi yang cuma menggunakan 1 mikroorganisme misalnya pembuatan tempe ataupun pembuatan minuman alkohol, pengolahan tape mengikutsertakan beberapa mikroorganisme.

tape ketan putih,tape ketan hitam,cara membuat tape singkong,cara membuat tape ketan,cara membuat tape ketan hitam,tape ketan hijau,tape ketan khas kuningan,tape ketan,
Baca juga : Resep - Cara Membuat Tape Ketan Hitam Legit

Tape memiliki citarasa yang khas yakni manis, berasa alkohol dan kadangkala sedikit asam. Hal tersebut disebabkan adanya fermentasi bahan dasar menjadi tape. Awalnya zat pati yang terdapat pada bahan dipecah enzim yang dikeluarkan oleh mikroorganisme menjadi dekstrin dan gula sederhana. Gula yang dihasilkan kemudian dihidrolisis jadi alkohol. Fermentasi selanjutnya alkohol dioksidasi jadi asam organik diantaranya asam suksinat, asam asetat serta asam malat. Asam asam organik serta alkohol menghasilkan ester sebagai bagian rasa tape.

Ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi tape ini diantaranya adalah :

1. Fermentasi tape bisa memperbesar kadar Vitamin B1 sampai 3 kali lipat. Vitamin tersebut dibutuhkan oleh syaraf, sel otot dan proses pencernaan supaya bisa bekerja dengan benar.

2. Memiliki sejumlah bakteri baik yang aman dimakan. Tape merupakan sumber Probiotik untuk tubuh.

3. Air tape dan tape ketan terbukti memiliki kandungan bakteri asam laktat sebesar 1 juta tiap mililiter atau tiap gram. Hasil fermentasi tersebut dipercaya mampu membuat sehat tubuh lebih-lebih pada sistem pencernaan sebab memperbesar jumlah bakteri baik dalam tubuh dan menurunkan jumlah bakteri merugikan.

4. Tape sanggup mengikat aflatoksin kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Aflaktosin adalah senyawa racun atau toksik yang diproduksi oleh jamur khususnya Aspergillus flavus.

5. Makan tape bisa menghindarkan timbulnya anemia sebab mikroorganisme yang berjasa dalam fermentasi tape bisa memproduksi vitamin B12.

Salah satu jenis tape adalah tape ketan. Tape ketan dibuat dari beras ketan putih yang diolah dan dibungkus menggunakan daun dan ditaburi ragi dan hasilnya jadi tape ketan yang nikmat dan legit. Yuk kita buat sendiri tape ketan di rumah, untuk itu siapkan dahulu bahan bahannya.

Bahan bahan yang dibutuhkan:

1/2 kg beras ketan
1000 ml air
2 sendok makan pasta pandan
400 cc air
3 butir ragi tape
5 sendok makan gula kastor


  • Beras ketan dicuci sampai bersih, kemudian direndam dalam satu liter air yang sudah dicampur pasta pandan selama semalam. Tiriskan. Beras ketan kemudian dikukus hingga matang.

  • Didihkan 400 cc air, siramkan sedikit demi sedikit pada ketan kukus tadi, aduk-aduk merata. Kukus lagi selama 15 menit, sisihkan dan biarkan sampai benar-benar dingin.

  • Hancurkan ragi tape sampai halus.

  • Letakkan ketan hijau pada sebuah wadah, taburkan ragi tipis tipis saja. Bubuhkan juga gula kastor, lapisi dengan ketan, bubuhkan lagi ragi dan gula. Tutup rapat dan diamkan kurang lebih 3 hari.

  • Setelah 3 hari tape ketan sudah siap dikonsumsi.
Resep - Cara Membuat Tape Ketan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sofian Harvy