Rabu, 30 Agustus 2017

Resep - Cara Membuat Yogurt

Cara Membuat Yogurt - Yoghourt sebetulnya dapat dengan gampang kita dapatkan di supermarket. Akan tetapi apabila Anda hendak memastikan mutu bahan-bahan pembuatnya Anda dapat membuat sendiri di rumah. Dengan syarat bahan dan alatnya tersedia maka gampang saja membuat yoghourt. Berikut adalah cara membuat yogurt :

cara membuat yoghurt,membuat yoghurt rasa buah,cara membuat keju,cara membuat nata de coco,cara membuat tape,bibit yogurt,yogurt dengan susu bubuk,yogurt untuk masker,
Baca juga : Resep - Cara Membuat Whipped Cream

Bahan bahan dan alat yang digunakan :

1000 ml susu cair
1 sdm gula pasir
2 sdm yoghurt plain beserta live culture atau active culture untuk starter
Panci
Sendok dari logam
Thermometer permen
Wadah dengan tutup
Lemari es


  • Masukkan susu ke dalam panci dan panaskan. Supaya susu tidak gosong, tempatkan panci berisi susu di atas panci lain yang diisi air yang tengah dipanaskan. Aduk-aduk sekali-kali dan masak sampai suhu 85 derajat C, atau saat susu mulai bergelembung kecil. Apabila Anda menggunakan susu UHT (ultra high temperature) maka tahapan ini tidak usah dijalankan. Sesudah itu panci susu direndam dalam baskom diisi air es sampai susu bersuhu 43 derajat C. Aduk-aduk kadang-kadang supaya suhu turun.

  • Masukkan starter. Tunggu dulu agar starter sama dengan temperatur ruangan. Selanjutnya masukkan starter ke dalam susu kemudian diblender supaya merata. Curahkan adonan ke wadah, kemudian tutup rapat menggunakan tutupnya atau memakai plastic wrap.

  • Pertahankan agar suhu yoghourt tetap hangat kurang lebih 38 derajat C. Tempatkan pada tempat yang sejuk. Hal itu dapat dibuat dengan merendam wadah dalam baskom diisi air hangat, merendam wadah yoghourt dalam panci yang dipanaskan menggunakan api kecil, ataupun menyelubungi wadah menggunakan kain hangat. Sesudah 7 jam, Anda akan melihat tekstur serupa custard, bau seperti keju, dan bisa saja cairan dengan warna hijau di lapisan atas. Makin lama dibiarkan, makin kental dan makin asam yoghourt yang diperoleh.

  • Tempatkan yoghourt yang telah jadi dalam lemari es beberapa jam sebelum dihidangkan. Yoghourt ini bisa kuat disimpan kurang lebih 2 minggu. Apabila akan digunakan untuk starter, pakai ketika 5 sampai 7 hari dengan begitu bakterinya masih dapat berkembang biak. Milk whey, cairan tipis dengan warna kuning, akan muncul di permukaan yoghourt. Anda boleh menyingkirkannya ataupun mengaduknya sebelum menikmati yoghurt. Hidangkan dengan pelengkap buah-buahan, selai, madu, sirup, atau apa saja menurut keinginan Anda.

Bisa saja yoghourt yang Anda buat tampak cenderung encer ketimbang yoghurt yang dijual di supermarket. Tidak usah kecewa, sebab umumnya yoghurt yang dijual itu menggunakan bahan pengental misalnya tepung, pektin, gum maupun gelatine. Jika mau agak kental dan bergizi, Anda boleh memasukkan setengah mangkuk susu bubuk bebas lemak ketika akan memasukkan starter. Anda pun boleh menyaring yoghourt menggunakan cheesecloth maupun kain kasa berulang kali supaya makin kental.
Resep - Cara Membuat Yogurt Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sofian Harvy