Senin, 21 Agustus 2017

Resep - Cara Membuat Tape Singkong

Cara Membuat Tape Singkong - Tape singkong merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi singkong. Makanan ini terkenal sejak lama di Indonesia. Di daerah Jawa Barat, tape singkong populer dengan sebutan peuyeum. Produksi tape singkong menggunakan umbi singkong dan ragi tape (Saccharomyces cerevisiae) yang bubuhkan ke singkong yang sudah dikupas. Terdapat 2 cara pembuatan tape yaitu yang tape kebanyakan yang basah dan bertekstur lembut lainnya adalah tape kering yang legit dan bisa digantung dengan tidak terjadi kerusakan.

cara membuat tape ketan,cara membuat tape singkong,tape singkong,tape singkong bondowoso,tape singkong aneka rasa,tips membuat tape singkong,cara membuat yoghurt,membuat tape singkong,
Baca juga : Resep -  Cara Membuat Tape Ketan

Membuat tape membutuhkan kehati-hatian dan kebersihan supaya singkong bisa menjadi empuk oleh proses fermentasi yang terjadi dengan baik. Ragi merupakan bibit jamur yang dipakai dalam pembuatan tape. Supaya dihasilkan tape yang berkualitas maka alat maupun bahan yang dipakai mesti higenis dan bebas dari lemak ataupun minyak . Peralatan berminyak bila digunakan untuk membuat tape dapat mengakibatkan fermentasi gagal terjadi. Air yang dipakai pun mesti bersih. Memakai air hujan dapat menyebabkan tape tak jadi.

Menyantap tape singkong memang nikmat dengan rasa yang manis dan aroma alkohol yang khas. Namun mengkonsumsi tape pun ada beberapa kerugian yang mungkin timbul diantaranya adalah :

  1. Makan tape terlalu banyak bisa mengakibatkan infeksi darah dan masalah pada pencernaan.
  2. Sejumlah bakteri yang dipakai pada pengolahan tape dapat berpeluang mengakibatkan penyakit terhadap orang yang mempunyai kekebalan tubuh yang lemah misalnya balita, lansia ataupun pengidap HIV.

Bahan bahan yang diperlukan :

Air sesuai kebutuhan
Daun pisang
Ragi yang sudah ditumbuk halus
2 kilo singkong


  • Singkong dikupas dan dikikis pada kulit arinya sampai terasa kesat.

  • Iris singkong kupas tadi menurut selera, kemudian cuci sampai bersih.

  • Isikan air ke panci kukus hingga ketinggian 1/4 tinggi panci kemudian didihkan.

  • Sesudah mendidih masukkan potongan singkong pada panci kukus, kemudian kukus sampai singkong agak matang dengan ciri singkong sudah dapat ditusuk menggunakan garpu.

  • Angkat dan letakkan dalam sebuah wadah, tunggu sampai dingin.

  • Siapkan baskom bersih dan alasi dengan daun singkong bersih. Susun singkong kukus yang sudah dingin tadi di dalamnya dan taburkan ragi halus dengan memakai saringan.

  • Singkong yang sudah ditaburkan ragi tersebut selanjutnya ditutup menggunakan daun pisang. Singkong harus betul – betul tertutup rapat supaya menghasilkan tape singkong yang nikmat.

  • Biarkan kurang lebih 1 sampai 2 hari sampai tape menjadi lunak dan berasa manis.

  • Sesudah 2 hari, tape sudah bisa dikonsumsi. Anda dapat menyantapnya langsung ataupun diolah menjadi aneka olahan makanan ataupun kue dengan bahan dasar tape singkong ini. Atau anda pun bisa membuat tape untuk dijual sebagai salah satu sumber penghasilan sampingan. Nah selamat mencoba!
Resep - Cara Membuat Tape Singkong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sofian Harvy